Laron dan Api

Sayyidina Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam , diriwayatkan di dalam Shahih Al Bukhari bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “perumpamaan aku dengan kalian bagaikan satu api yang menyala dikerubuti oleh hewan-hewan yang berkeliaran di sekitar api.”

Kalau dalam bahasa kita hewan ini seperti laron yang mana kalau ada cahaya lampu kalau setelah hujan hewan ini ramai berebutan, cuma ini api yang membakar bukan lampu, kalau lampu tidak membakar.

Maka Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, “kalian seperti itu yang berebutan keduniawian, yang mana hal itu seperti api.” Kemudian Rasul memegang dari belakang dan menyelamatkan serangga itu agar tidak terbakar oleh api tapi cukup terkena hangatnya saja .

Karena di dalam Fathul Bari dan lainnya dijelaskan bahwa hewan-hewan yang seperti laron itu memakan nyamuk dan memakan hewan yang ada disekitar cahaya, itu boleh-boleh saja, tapi kalau mau jatuh di api Rasul yang akan menyelamatkan kalian .

Di dalam salah satu penafsiran hadits riwayat Shahih Al Bukhari ini, dalam atsar shahabat dijelaskan bahwa tidak satu pun ummat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam melintas di shirat dan terjatuh ke neraka kecuali Rasul memegangnya.

Karena Rasul bersabda. “Aku memegang tengkuk kalian .”

Ketika ummat beliau akan jatuh ke dalam api neraka maka Rasul memegangnya agar tidak terjatuh ke dalam api neraka , namun karena dosa yang banyak di tangan orang ini maka tangan itu yang menepis dan melepas tangan Rasul dan ia pun terjatuh ke dalam api neraka. {}

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page