Menanti Dalam Kebaikan dan Kemuliaan

Sayyidina Anas Ra berkata:

Kami menunggu Rasulullah untuk shalat isya’ hingga tengah malam, kemudian Rasulullah keluar dan menyampaikan tausiah sebentar.

Maka Rasulullah berkata, “sebagian orang-orang yang tidak di masjid nabawy telah melaksanakan shalat isya’ dan telah tidur untuk istirahat, adapun kalian tetap mendapatkan pahala shalat selama kalian menantikan shalat itu.”

Maka mulai dari adzan isya’ hingga Rasulullah keluar di tengah malam selama itulah mereka tetap mendapatkan pahala shalat karena mereka menunggu waktu shalat.

Di majelis-majelis ta’lim kadang-kadang banyak yang menunda waktu shalatnya, maka hal yang seperti itu harus difahami karena sebagian orang mengatakan jika sudah adzan maka harus segera shalat, misalnya sedang dalam majelis ta’lim ketika telah masuk waktu shalat isya’, maka dikumandangkan adzan kemudian melanjutkan ta’limnya.

Sebagian mereka ada yang berkata, “ini guru paham agama apa tidak, sudah tiba waktu shalat dan harusnya shalat tepat waktu!”

Justru ketika sudah duduk di masjid menunggu shalat itu mendapatkan pahala shalat. Bahkan di masa Rasulullah shalat isya’ ditunda hingga tengah malam. Karena dalam menunggu shalat itu mendapatkan pahala shalat.

Berbeda dengan kita jika melambatkan waktu shalat karena urusan dunia kita tentunya hal ini tidak diperbolehkan.

Dan ditambahkan oleh sayyidina Hasan bahwa, “kalian dalam kebaikan selama kalian menanti kebaikan.” Ini yang ingin kita dalami makna kalimatnya, karena hadits ini diperjelas oleh sayyidina Hasan yang berkata, “bahwa kita dalam kemuliaan selama menanti kemuliaan.”

Maka jika kita menantikan perjumpaan dengan Allah subhanahu wata’ala, maka sepanjang hidup kita terus dalam kemuliaan berjumpa dengan Allah subhanahu wata’ala. Kita menantikan saat berjumpa dengan Rasulullah sepanjang hidup kita, maka itu dihitung sebagai orang-orang yang menanti jumpa dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. {}

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page