Waktu Doa Dikabulkan

Diriwayatkan di dalam Shahih Al Muslim bahwa setiap malam sepertiga malam terakhir adalah Saa’tul Ijabah. Saa’atul Ijabah adalah detik-detik didalam suatu waktu yang barangsiapa berdoa di waktu itu pasti dikabul oleh Allah. Jika terlintas didalam hatinya walaupun tidak dengan disangka; aku ingin begini.., kebetulan disaat itu adalah Saa’tul ijabah dikabulkan oleh Allah.

Diriwayatkan didalam Shahih Al Bukhari hal itu terjadi pada setiap hari jum’at, namun didalam Shahih Al Muslim diperluas bahwa itu terjadi disetiap sepertiga malam terakhir setiap malam. Sepertiga malam terakhir itu mulai adzan isya sampai waktu subuh berapa jam bagi tiga sepertiga terakhirnya kira-kira pukul setengah tiga, sampai subuh, itu waktu sepertiga malam terakhir, disitulah tersimpan saa’tul ijabah.

Namun di bulan Ramadhan, saa’tul ijabah menyeluruh mulai Isya’ sampai Shubuh, bahkan pendapat lain mengatakan saa’tul ijabah disetiap siang dan malam di bulan Ramadhan, karena dibulan ini Allah lebih dermawan dari bulan lainnya. Bukan berarti dibulan lainnya Allah kikir, tapi di bulan lainnya Allah tetap Maha dermawan, namun di bulan Ramadhan Allah lebih dermawan lagi. Maka mereka yang berdoa di bulan Ramadhan akan mendapatkan jawaban doa lebih dari pada saat mereka berdoa di bulan lainnya. {}

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page